Home #F0FFFF; » Apa Tolak Ukur Kesejahteraan dan Kemakmuran

Apa Tolak Ukur Kesejahteraan dan Kemakmuran


Pembangunan, apapun bentuknya, tujuan akhirnya adalah untuk memberikan kesejahteraan dan kemakmuran kepada rakyat. Agar pembangunan dapat berjalan lancar, efisien dan efektif maka perlu dukungan dari masyarakat, dalam bentuk adanya kesiapan mental dan intelektual serta kiprah seluruh anggota masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam berbagai program pembangunan. Untuk dapat terlibat dalam kegiatan-kegiatan pembangunan secara berkualitas, masyarakat memerlukan kemampuan atau kompetensi yang memadai (threshold competency). Namun pada kenyataannya tidak semua elemen masyarakat mampu berkontribusi secara aktif dalam pembangunan. Sebagian dari mereka memiliki keterbatasan, sehingga terlihat tidak berdaya. Oleh karenanya, kegiatan awal yang perlu dilakukan pada elemen masyarakat yang tidak berdaya ini adalah upaya membangun kapasitas mereka.

Terdapat empat tipe manusia yang perlu dipertimbangkan dalam membangun masyarakat, yaitu:
PENGRAJIN BATIK
1) manusia yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk terlibat dalam pembangunan,
2) manusia yang memiliki kemauan namun tidak memiliki kemampuan untuk terlibat dalam pembangunan,
3) manusia yang tidak memiliki kemauan tetapi memiliki kemampuan untuk terlibat dalam pembangunan, dan
4) manusia yang tidak memiliki kemauan dan tidak memiliki kemampuan untuk terlibat dalam pembangunan.
PETERNAK BEBEK KEC. GUNUNG JATI
Untuk tipe yang pertama, masyarakat sudah memiliki kesadaran akan pentingnya pembangunan bagi kesejahteraan seluruh bangsa, serta memiliki kapasitas diri yang memadai yang membuat mereka menjadi masyarakat atau kelompok yang kreatif dan inovatif. Kepada mereka pembangunan yang dilaksanakan lebih bersifat pada kegiatan pemberian dan pembagian wewenang berupa otonomi yang luas untuk melaksanakan kegiatan pembangunan.
 Dengan teori logika yang demikian banyak tentang apa dan bagaimana hakekat sebuah perjalanan anak manusia, perbedaan konsep dan latar belakang , egoisme tanpa kita sadari membelenggu anak manusia, kekurangan dari segala kealfaan mulai dimiliki, penilaian diri mungkin salah satunya, tapi membutuhkan suatu proses yang tidak sedikit waktu. SEMOGA

0 komentar:

Posting Komentar